Selasa, 01 September 2015

Menentukan Titik Pembuatan Sumur Bor

Menentukan Titik Pembuatan Sumur Bor
Lahan Mencari Titik Sumur Bor

Untuk menentukan titik pembuatan sumur bor perlu dilakukan dengan cermat, mencari titik pembuatan sumur bor yang mengandung sumber air yang baik ibaratnya seperti mencari barang yang terletak dibawah permukaan tanah yang tidak terlihat atau ibarat mencari jarum di tumpukan jerami, oleh sebab itu perlu metode penelitian yang baik, ada beberapa metode untuk mengetahui sumber titik pembuatan sumur bor baik menggunaka secara tradisional atau dengan menggunakan alat  dan perlengkapan canggih dengan bantuan operator berbasis computer.
Untuk mencari titik dalam usaha menemukan sumber air secara tradisional akan kita bahas saru persatu yaitu :
1. Menggunakan daun pisang, caranya dalah ketika malam tiba dan cuaca cerah ambil beberapa lembar daun pisang, lalu simpan daun pisang dibeberapa titi yang akan direncanakan untuk membuat titik sumur bor, lalu ketika pagi hari angkat satu persatu daun pisang ynag kita simpan dan lihat mana di balik daun pisang itu yang banyak mengandung embun itulah bisa diduga terdapat sumber air dibawahnya.
2. Menggunakan tempurun kelapa dan garam, caranya cari beberapa target rencana akan dibuat titik sumur bor sewaktu cuaca cerah, buat lubang secukupnya untuk memasukan tempurung kelapa, tanah yang telah dilubangi diberi garam secukupnya, bagikan garam ke setiap lubang dengan sama banyak,  tutup dengan tempurung kelapa, biarkan semalam, keesokan harinya buka setiap tempurung kelapa, lihat jumlah garam yang paling sedikit tersisa itulah titik yang diduga sebagai akuifer air.
Keuntungan dari metode penentuan titik pembuatan sumur bor ini adalah sangat mudah dan  bisa dilakukan orang awan sekalipun, dan biaya sangat murah dan layak dicoba, namun data  kedalaman letak akuifer air dan dugaan kondisi kekerasan batuan  tidak dapat dideteksi dan diperkirakan.

Dan sekarang ini ada cara terbaru yaitu jasa survey geolistrik yang berguna untuk mengetahui  titik pembuatan sumur bor, dari data geolistrik yang didapat kita dapat memperoleh report tentang : titik duga sumber akuifer air ada di kedalaman berapa meter, kondisi batuan dan kekerasannya dapat diduga dengan keakuratan hingga 70%.
Keuntungan menggunakan data survey geolistrik adalah bagi jasa tukang sumur bor adalah dapat menentukan dan menyiapkan rencana biaya  dengan lebih rinci dan akurat.
Baik metode tradisonal dan metode Geolistrik yang lebih baik dapat dikombinasikan, jadi bila telah menggunakan jasa geolistrik metode daun pisang dan tempurung kelapa/garam dapat dilakukan,karena biaya amat sangat murah, begitu juga sebaliknya bila  dirasa penggunaan daun pisang dan tempurung kelapa masih belum memuaskan maka gunakan jasa survey geolistrik dengan tentu dengan menyiapkan dana agak besar, semoga bermanfaat.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda