Senin, 31 Agustus 2015

Akuifer Air Sumur Bor

Akuifer Air Sumur Bor
Gambaran Ilustrasi Akuifer air Tanah Bawah, air ada pada celah Batuan
Akuifer air dari hasil sumur bor sebenarnya adalah air tanah yang terdapat diantara celah batuan di dalam tanah, bayak anggapan sebagian orang awam yang menyatakan akuifer sumber air adalah sungai atau air seperti danau di bawah tanah, hal ini tidak salah namun kondisi seperti ini hanya ditemukan disebagian lokasi tertentu saja, itulah sebabnya permukaan sumber air disetiap lokasi berbeda-beda, ada suatu daerah seperti dekat sungai atau pantai permukaan air ada di beberapa meter kedalaman, berbeda di daerah berbukit  atau pegunungan yang sumber airnya tidak menentu, tergantung geologi dan topograpi daerah tersebut.
Sumber akuifer  Air tanah dapat ditemukan dilapisan sendimen kerikil atau pasir atau lapisan celah antar batuan  yang mengandung simpanan air bersih yang dapat diambil dengan bantuan alat berupa pompa dengan sebelumnya melakukan pemboran sumur bor.
Akuifer air yang bagus adalah akuifer yang kedap air yang akibatnya air tidak dapat masuk kecuali akuifer ini dilubangi dengan mesin bor, kedalaman akuifer ini biasanya terdapat pada puluhan meter  dibawah permukaan tanah.
Dapat dilihat secara kasat mata bahwa air tanah akuifer yang berada di celah batuan akan mengalir tidak cepat diantara celah-celahnya, nah batuan yang menyimpan dan mampu mengalirkan air inilah akuifer air tanah yang harus dicari oleh tukang jasa sumur bor untuk mendapat air yang bagus untuk keperluan kita.
Penggambaran yang tepat dapat dilihat pada gambar diatas, bila sebagai ilustrasi contoh akuifer air, dan bila kita memasukan sebatang pipa diantara batuan itulah pipa yang dipasang oleh tukang jasa sumur bor.
Ada dua sumber airyaitu :
 pertama,air tanah atas, dimana air tanah atas yang biasanya airnya sering didapat dengan cara membuat sumur gali, jadi yang didapat oleh sumur gali adalah air tanah atas.
Kedua akuifer air tanah yang biasanya didapat dari pembuatan jasa sumur bor, kedua sumber air ini berbeda.

Kesimpulannya bila air tanah atas besar dan tersedia maka belum bisa ditentukan besar tidaknya ketersedian akuifer air tanah, dan untuk mengetahui sumber air tanah inilah diperlukan jasa survey geolistrik.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda