Sabtu, 19 Maret 2016

Tips dalam Membuat Sumur Bor Manual

Tips dalam Membuat Sumur Bor Manual

Sumur bor manual ini merupakan sebuah sumur yang dibuat dengan  menggunakan sebuah alat bor yang berbentuk pipa dan diputar dengan menggunakan tenaga manusia. Untuk membuatnya, ada tips khusus yang sangat membantu.
Tips membuat sumur bor Manual

 


Saat musim kemarau datang, kekeringan airpun melanda. Saat yang seperti ini tentu saat yang tepat untuk menggali sumur. Dengan menggali sumur tentunya kita bisa menggali sumur dengan kedalaman tertentu hingga kita bisa mendapatkan air yang bersih. Penggalian sumur bor ini kebanyakan masih dilakukan secara manual. Tentu anda pernah melihat orang yang membuat sumur bor.
Sumur bor manual ini merupakan sebuah sumur yang dibuat dengan menggunakan sebuah alat bor yang berbentuk pipa dan diputar dengan menggunakan tenaga manusia. Tenaga manusia yang digunakan untuk membuat sumur bor manual ini biasanya terdiri dari 3 orang atau bahkan bisa lebih.
Lalu kira-kira apa saja sih peralatan yang perlu dipersiapkan jika ingin membuat sumur bor manual ini? Nah, inilah beberapa alat yang perlu anda persiapkan sebelum memulai pekerjaannya, yaitu:

1.    Siapkanlah pipa batangan dengan ukuran kira-kira 1 inchi dengan panjang 6meter. Alat ini biasanya digunakan sebagai batang penyambung mata bor yang disesuaikan dengan kedalamannya.
2.    Kunci monyet atau kunci inggris yang biasanya digunakan untuk memegang pipa pada saat dilakukan penyambungan.
3.    Pipa silang perempatan, pipa yang satu ini digunakan sebagai pegangan untuk memutar pipa yang telah dihubungkan dengan mata bornya.
4.    Dan jangan lupa juga persiapkan mata bor sebuah pipa dengan diameter 3 inchi dengan panjang sekitar 2m.

Nah, sedangkan untuk biaya pembuatan sumur bor manual ini biayanya dibanderol dengan harga sekitar 5 juta dengan kedalaman sekitar 24 meter. Namun, terkadang untuk biaya pembuatannya tidak diukur dengan kedalamannya tergantung dengan perjanjian yang telah anda sepakati.
Dalam membuat sumur bor manual ini tentunya kita bisa meminta tolong kepada ahlinya. Pengeboran secara manual memang banyak menguras tenaga dan untuk tanah yang akan kita bor  nanti haruslah tanah yang gembur dan tidak mengandung unsur bebatuan. Nah, dalam membuat sumur bor manual ini andapun juga perlu berhati-hati dengan kecurangan yang dibuat oleh pembuat sumur. Inilah beberapa hal yang bisa mereka manipulasi diantaranya:

1.    Mereka biasanya bermain pada mutu pipa PVPnya. Secara mutu pipanya terbagi dalam berbagai macam.
2.    Mutu pompa airpun juga bisa. Mungkin kelihatannya alatnya masih bagus sehingga kita pun sulit membedakan dengan yang asli.
3.    Bisa juga dari kedalaman pengeborannya.
4.    Kemudian dalam teknik pengerjaannya. Biasanya ada dari mereka yang melakukan pengeratan pada pipa bagian bawah. Padahal hal ini bisa membuat air menjadi keruh saat musim hujan tiba.

Nah, lalu apa saja yang perlu kita lakukan agar kita terbebas dari manipulasi tukang pembuat sumur manual ini. Berikut caranya:

1.    Ada baiknya semua material yang digunakan untuk membuat sumur bor, anda sendiri yang mempersiapkannya.
2.    Saat kondisi airnya masih keruh, janganlah anda gunakan pompa air yang baru. Ada baiknya anda meminta tukangnya untuk membawa pompa air listrik guna membersihkan sisa material pengeboran yang sekiranya masih larut dalam air.
3.    Pastikan pekerjaan yang mereka lakukan sesuai dengan permintaan anda.
4.    Ada baiknya anda membuat perjanjian kerja yang jelas dengan tukang bornya.
5.    Andapun juga bisa meminta garansi dari tukangnya mengenai kejernihan air hasil dari pengeboran yang telah ia lakukan.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar anda bisa menghindari manipulasi yang dilakukan oleh tukang pembuat sumur. Mungkin tidak semuanya melakukan hal itu, namun akan lebih baik kita juga harus waspada.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda