Kamis, 17 Maret 2016

Membuat Air Sumur Bor dan Titik Sumber Mata Air

Membuat Air Sumur Bor dan Cara Menentukan Titik Sumber Mata Air

Saat musim hujan mungkin rasanya tidak sulit untuk mencari sumber air terutama bagi penduduk yang belum memiliki jaringan air bersih seperti PDAM. Biasanya mereka memanfaatkan air minum dengan menggunakan sumur galian. Memang jika dibandingkan dengan air PAM air sumur lebih hemat dan airnyapun langsung dari air tanah tanpa proses tambahan bahan-bahan kimia untuk penjernihan selain itu juga mengandung mineral alami.
Bila orang di perkotaan kebanyakan menggunakan air dari PDAM, ada sebagian orang perkotaan yang memilih sumur tanah untuk mendapatkan air. Tetapi, hal ini kadang terkendala lahan yang sempit jadi mereka sulit untuk mendapatkan air tanah. Biasanya hal ini disiasati dengan membuat air sumur bor, cara ini dinilai lebih simple karena hanya tampak sebatang pipa yang menonjol lalu dipasang keran air atau pompa air.
Selain itu, dalam membuat air sumur bor ke dalamanya juga bisa diatur sesuai keinginan. Cara pengerjaanyapun dengan jalan memasukan pipa ke dalam tanah dan mata bor pada titik-titik tertentu yang dianggap memiliki sumber mata air. Tetapi adakalanya kegagalan sering terjadi karena tidak ditemukan sumber air. Untuk mengetahui tanah tersebut memiliki sumber air atau tidak yaitu saat proses pengeboran dengan pipa berlangsung maka air akan menyembur ketas melalui pipa.
Sebagai orang awam saat kita ingin buat air sumur bor dan menentukan lokasi dimana sumber air berapa pasti bingung. Tetapi juga tidak mungkin mencari sumber air dengan mengebor lokasi tanah satu-persatu sampai air menyembur. Bila ingin mengetahui sumber-sumber air untuk buat air sumur bor ada baiknya menggunakan teknik analisa lapangan terlebih dahulu sebelum mencoba pengeboran.
Selain itu, ada bebrapa teknik lainnya untuk menentukan titik sumber air bagi orang awam yang bisa digunakan sebagai buat air sumur bor selain jasa survey geolistrik sebagai berikut:

1.    Dengan menggunakan garam
Terdengar aneh, tetapi garam bisa digunakan sebagai alternatif untuk mencari sumber air. Caranya yaitu dengan meletakkan garam di tanah yang diindikasi memiliki sumber air. Letakkan dua genggam garam tersebut sekitar 13 jam dari pagi sampai malam. Kemudian tutup dengan kaleng dan biarkan sebagian terbuka, kemudian keesokan harinya lihat garam tersebut jika garam tadi habis atau tinggal sedikit kemungkinan ada sumber air di titik tersebut.
2.    Gunakan daun pisang
Cara yang kedua untuk menentukan lokasi yang tepat untuk buat air sumur bor adalah dengan menggunakan daun pisang. Sebenarnya cara menentukan sumber air dengan daun pisang adalah memanfaatkan analisa kelembapan. Gunakan beberapa daun pisang dan letakkan di beberapa titik yang diperkirakan memiliki sumber air pada malam hari. Kemudian di pagi hari coba lihatlah dibawah daun pisang tersebut berembun atau tidak. Kelembapannya jika semakin banyak maka bisa diperkirakan ada sumber air di lokasi tersebut.

Itulah beberapa cara untuk menentukan titik sumber mata air, dengan cara yang sederhana walaupun belum ada analisa mendalam tentang cara ini terbukti atau tidaknya. Tetapi tidak ada salahnya cara tersebut dicoba.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda